Powered by Blogger.
RSS

Merawat motor agar awet dan menarik

Bersyukurlah anda yang mempunyai motor apalagi berjenis 4 tak( irit katanya…) karena bisa pergi kemana-mana dengan biaya murah tanpa naik angkutan umum yang tarifnya semakin naik atau pun jalan kaki yang bisa bikin kaki senut-senut, wujud

dari rasa syukur adalah dengan selalu merawat motor kita, karena motor merupakan bagian dari harta kita dan kita wajib merawatnya…walaupun motor kita butut asal masih bisa jalan dan tidak mogok, tak ada masalah kan ? justru semakin tua usia motor maka akan dianggap semakin bernilai seni tinggi, nah dari pengalaman saya tentang merawat motor ‘lawas’ saya ternyata motor saya kelihatan lebih ‘kempling’ dan muda, adapun cara merawatnya kaya begini :

1. Cuci motor seminggu sekali, tak harus ke tempat pencucian tapi bisa dicuci sendiri jangan dengan sabun detergen karena merusak cat, lebih baik menggunakan shampo motor, kalu lebih irit menggunakan shampo rambut biasa atau sabun pencuci piring.
2. Cuci motor setiap hari jika di musim penghujan, karena air hujan mengandung basa yang mempercepat karatan pada logam
3. Ganti olie mesin setiap sebulan sekali ( 2000 km).
4. Jika menggunkan accu basaha periksa sebulan sekali, jangan sampai air accu kering karena menyebabkan accu cepat aus dan kelistrikan terganggu, contohnya : lampu redup.
5. Untuk merawat cat body motor bisa menggunakan semir sepatu atau lemon pledge yaitu semacam pengilap mebel, terbukti lapisan cat tak terkikis karen semir dan lemon pledge bersifat melapisi, alasan lain karena setelah motor disemir jika motor kepanasan justru semakin mengkilap, disamping itu tentunya karena pertimbangan harga yang lebih murah.
6. Setelah mengganti ban dalam atau menambal, jangan sungkan untuk menyuruh tukang ban untuk melap velg bagian dalam karena biasanya basah setelah ditambal, mengingat bagian ini akan selalu tertutup, jika basah kemungkinan bisa menyebabkan karatan.
7. Basahi knalpot dengan olie jika kelihatan kering karena motor 4 tak knalpotnya sangat kering dan panas, ini penyebab knalpot cepat keropos.
8. Biasanya motor-motor keluaran terbaru, rantai dan geer akan terbuka karena dianggap lebih kelihatan sporty, tetapi hal ini justru menyebakan rantainya cepat kering dan kotor, karena itu secara berkala bersihkanlah rantai dan geer dengan meinyak tanah, kalau sudah bersih lalu oleskan olie mesin eceran yang lebih murah, sebaiknya jangan olie bekas yang telah kotor.
9. Jika motor anda menggunakan rem tromol gantilah kanvas rem anda setiap 4 bulan sekali, jangan menunggu kanvas sampai mengkilap dan licin, karena dalam kondisi tersebut pengereman sudah tak efektif dan dapat merusak tromol.
10. Untuk meningkatkan keselamatan anda, periksalah rem, lampu dan bensin sebelum bepergian dengan motor kesayangan anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment